Tips Membuat Makanan Tahan Lama Tanpa Pengawet

0
T MauTips.com, Jakarta. Membuat makanan tahan lama dapat mengurangi jumlah makanan yang terbuang percuma. Anda juga dapat menghemat pengeluaran dengan menyimpan makanan. Makanan yang dibiarkan begitu saja dapat basi atau membusuk dengan cepat. Lakukan beberapa cara berikut ini untuk membuat makanan tahan lama tanpa pengawet. Berikut cara membuat makanan tahan lama tanpa pengawet.

1. Memasukkan ke dalam kulkas dengan suhu yang tepat
Menyimpan makanan di lemari pendingin dapat membuat makanan tahan lama. Namun, pastikan kulkas tersebut memiliki suhu udara yang tepat agar makanan awet dan bebas dari kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Suhu lemari es yang direkomendasikan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) adalah 4 derajat Celcius. Sedangkan freezer harus di bawah nol derajat.

2. Simpan susu di bagian terdingin kulkas
Kulkas sebenarnya memiliki temperatur yang sedikit berbeda. Bagian terdalam kulkas biasanya lebih dingin dibandingkan bagian depan atau pintu karena lebih sering terpapar udara. Agar tetap segar dan tahan lebih lama, letakkan susu di bagian terdalam kulkas. Hindari meletakkan di bagian pintu karena dapat basi lebih cepat.

3. Rendam selada pada air dingin
Daun selada sangat mudah layu meski sudah dimasukkan ke dalam lemari es. Hal ini terjadi karena selada mudah kehilangan air. Oleh karena itu, jangan membuang selada yang tampak layu. Rendam selada pada air dingin selama 30 menit sebelum dikonsumsi. Selada bakal terlihat segar kembali.

4. Simpan roti dalam plastik kedap udara
Demi keindahan, sering kali roti dan kukis disimpan dalam wadah atau toples hias. Namun, cara ini justru membuat roti dan kukis terkontaminasi udara. Alhasil roti dan kukis tidak lagi renyah atau bahkan berjamur.

Baca Juga: Tips Aman Jaga Diri dari Virus Corona Saat Kerja di Kantor

5. Merebus telur
Telur segar dapat bertahan tiga hingga lima minggu di lemari es sebelum membusuk. Jika memasuki minggu kelima, telur belum juga digunakan, jangan dibuang. Alih-alih dibuang, akan lebih baik jika Anda merebus telur tersebut. Telur yang direbus dapat bertahan hingga satu minggu setelahnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply