Tips Memilih dan Manfaat Luar Biasa Alpukat yang Sudah Matang

0
T MauTips.com, Jakarta. Alpukat menjadi salah satu buah yang difavoritkan dalam hal diet. Selain karena rasanya enak, manfaat alpukat juga bisa mengontrol tekanan darah, mencegah stroke, dan serangan jantung. Alpukat bahkan bisa memperlambat penuaan otak dan mencegah penyakit ginjal.

Bagi mereka yang memiliki masalah dengan penyakit ginjal, konsumsi buah alpukat sangat dianjurkan. Salah satu kelebihan dari alpukat yang luar biasa adalah buah ini memiliki kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Kandungan ini diyakini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, yang membantu bagi pasien penyakit ginjal.

Agar bisa memilih alpukat yang tepat dan sudah matang, ikuti tips berikut.

Warna Lebih Gelap
Alpukat dengan warna ini biasanya lebih matang dibanding alpukat berwarna terang. Tapi periksa juga dengan saksama jangan sampai kulitnya sudah terluka atau terbuka.

Taruh di Tangan
Letakkan alpukat di telapak tangan. Untuk memeriksa kematangannya, tekan sedikit alpukat tapi tanpa menggunakan jari tangan. Cukup remas dengan telapak tangan. Namun ingat ya, jangan sampai meninggalkan luka pada kulit buah.

Remas perlahan
Alpukat yang sudah siap disantap akan terasa ringan-lembut tapi tidak terasa lembek. Simpan di dalam kulkas selama satu sampai dua hari untuk mencegah buah jadi terlalu matang.

Berikut beberapa manfaat alpukat untuk tubuh.

Anti Kanker
Alpukat mengandung antioksidan dan polynutrients yang merupakan zat anti kanker. Zat tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita untuk melawan radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel yang dapat menyebabkan kanker.

Menjaga Tekanan Darah
Mengonsumsi alpukat juga baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, karena kandungan kaliumnya. Seperti yang diketahui, kalium berfungsi menurunkan tekanan darah agar terhindar dari penyakit darah tinggi yang menyebabkan bahkan stroke.

Kaya Serat
Manfaat alpukat untuk tubuh yang kaya akan serat juga dapat membantu penurunan berat badan dan mengurangi lonjakan gula darah.

Menyehatkan Tulang
Menyehatkan tulang adalah salah satu manfaat alpukat untuk tubuh yang tak diragukan lagi kemampuannya. Senyawa dari alpukat dapat membantu mendapatkan bantuan dari arthritis dan mengurangi kekakuan tulang.

Sumber Zat Besi
Alpukat memiliki sumber zat besi nabati yang bisa meningkatkan aliran oksigen untuk menjaga tingkat energi dan kulitmu tetap cerah.

Menurunkan Kolesterol
Alpukat mengandung lemak tidak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Perlu Dibatasi Saat Menyusui

Asupan Vitamin dan Mineral
Alpukat kaya akan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan penyembuhan setelah cidera. Buah bertekstur lembut ini juga mengandung vitamin B-kompleks yang dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung aliran darah yang sehat. Alpukat jugamengandung banyak vitamin C yang akan membuat kulit halus, tulang yang sehat dan sistem kekebalan yang kuat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply