Tips Menu Makanan Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

0
T MauTips.com, Jakarta. Makan sahur ternyata jauh lebih penting daripada berbuka puasa. Tubuh harus dibekali nutrisi yang cukup hingga saat berbuka. Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan. Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.

Selama puasa zat besi dalam tubuh akan menurun karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan lebih lemas, mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jus tanpa gula. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih.

Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin dengan cepat. Untuk lauknya bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan. Agar tidak bosan bisa berimprovisasi dengan menu sahur untuk menggugah selera.

Baca Juga: Cara Penularan Virus Influenza Penyebab Sakit FLU Hidung Tersumbat

Makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Sempurnakan sarapan sahur dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium yang bisa ditemukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply