Tips Sahur Dengan Mie Instan Biar Lebih Sehat

0
T MauTips.com, Jakarta. Hingga saat ini konsumsi masyarakat Indonesia terhadap mie instan cukup tinggi. Tak terkecuali di bulan Ramadan, khususnya saat sahur. Banyak yang memilih mie instan lantaran praktis, sangat mudah dan cepat untuk disajikan. Namun tenyata, konsumsi mie instan membuat tubuh tak bertenaga saat berpuasa.

Menurut ahli gizi, mie instan itu bahan dasarnya tepung. Jadi sangat mudah dicerna membuat kita akan cepat lapar kembali. Selain itu juga menggunakan bahan pengawet, tidak bagus untuk kesehatan. Makanan yang diawetkan seperti mie instan mengandung nutrisi rendah. Sebaiknya dihindari makan yang tidak mengandung serat saat sahur, seperti mie instan.

Tubuh akan tidak lapar dan lemas, jika kita konsumsi jenis makanan berbahan serat, seperti buah, sayur dan gandum. Makanan seperti ini lebih lama tinggal di dalam lambung. Kalau pun terpaksa harus makan mi instan, sebaiknya tambahkan makanan berserat. Mie instan masih jadi makanan penyelamat di saat kondisi darurat, apalagi bagi anak kos.

Saat bulan puasa, sahur dengan hidangan ini kadang harus dilakukan jika tak ada pilihan lain. Karena kandungan dominan dari mie instan adalah kalori atau karbohidrat, maka harus melengkapinya sehingga kebutuhan gizi tubuh terpenuhi. Minimal vitamin, serat dan mineral harus ada pada hidangan makan sahur itu.

Baca Juga: Waspada Jika Anak Suka Main Slime Bahan Kimia Di Dalamnya

Memang butuh tambahan biaya sedikit agar mie instan jadi lebih sehat, nikmat dan lengkap. Namun tidak banyak karena harga sayuran di pasar tidak akan membuat dompet terkuras. Tambahkan sayuran semisal tomat, bayam, kangkung, sawi, atau jenis lain sesuai selera. Menurut ahli nutrisi paling tidak setengah dari porsi mie instan di piring adalah sayuran. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply