Ini Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Xenia

0
I MauTips.com, Jakarta. Tidak dapat dipungkiri, masyarakat Indonesia dalam membeli mobil keluarga, pastinya akan mempertimbangkan nilai jual kembali. Kendaraan yang paling banyak di cari oleh masyarakat Indonesia adalah kendaraan low MPV keluarga.

Mobil tersebut harus irit bahan bakar, awet dalam penggunaan, serta mudah dalam melakukan perawatan terhadap mobil. Hingga saat ini Xenia masih menjadi salah satu MPV 7-seater terlaris di Indonesia. Harga menjadi kelebihan utama Xenia dibanding kompetitornya di Indonesia. Awalnya Xenia menjadi MPV non LCGC (Low Cost Green Car) termurah di Indonesia. Meski bukan yang termurah, namun Xenia punya keunggulan lain dibanding para rivalnya. Yaitu durabilitas dan efisiensi bahan bakar yang sudah tak diragukan lagi kemampuannya. Tak seperti kompetitor pendatang baru yang belum teruji, mobil ini mengaspal di Indonesia sejak 2004 dan dikenal irit BBM. Daihatsu juga menyediakan 235 jaringan dealer penjualan dan purnajual di seluruh Indonesia untuk konsumen Daihatsu.

Hampir seluruh bengkel umum mampu melakukan perbaikan dan perawatan mobil ini. Suku cadang tak sulit dicari karena berbagi komponen dengan saudaranya, Toyota Avanza dan sudah banyak suku cadang buatan non orisinil yang beredar. Namun fitur keselamatannya tak dilengkapi rem berteknologi ABS (Anti-lock Brake System).

Fitur keselamatan aktif ini cukup penting mengingat banyak kompetitornya sudah menggunakan fitur ini termasuk saudaranya, Avanza. Namun bukan itu yang menjadi kekurangan utama Xenia, tapi mesinnya. Daihatsu Xenia memakai mesin berkapasitas 1,3 liter yang bertenaga 97 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120,6 Nm pada 4.200 rpm. Mesin ini yang terkecil di antara kompetitornya.

Mayoritas pemain di segmen ini menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter kecuali Suzuki Ertiga yang 1,4 liter. Meski durabilitas mesin tak perlu diragukan, namun dalam situasi tertentu mesin bertenaga dapat lebih diandalkan. Fitur yang terdapat di dalam kabin Xenia juga sangat minim. Awalnya kami mengira mungkin karena harganya yang murah.

Namun ternyata, Wuling Confero yang dijual lebih murah mampu memiliki fitur-fitur yang lengkap seperti audio steering switch, outlet USB hingga kursi baris ketiga dan masih banyak lainnya. Masih ada hal lain yang perlu Anda urus terkait dengan kepemilikan mobil, yakni balik nama mobil. Ini merupakan proses pemindahtanganan dari pemilik lama ke pemilik baru. Katakanlah kendaraan roda empat itu diperjualbelikan, dihibahkan, warisan, pindah alamat, atau mutasi.

Untuk biaya balik nama mobil tentu wajib dilakukan terhadap STNK dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Semua demi mempermudah kepentingan Anda selaku pemilik baru di kemudian hari. Sayangnya banyak yang menganggap proses balik nama mobil ini sulit.

Baca Juga: Penyebab Eksternal Munculnya Infertilitas pada Pria

Ditambah biaya yang tak sedikit sehingga membuat orang semakin malas mengurus balik nama mobil. Padahal bila paham betul celah mengurusnya, balik nama kendaraan dan STNK baru tidaklah rumit yang dibayangkan. Hanya saja memang, waktu yang dibutuhkan memang hingga berhari-hari. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply