Tips Bedakan Oli Asli dan Oli Palsu

0
T MauTips.com, Jakarta. Sebelumnya sejumlah warga menggerebek rumah yang diduga menjadi tempat oplosan oli palsu di Perumahan The Palm Residence, Bekasi, Jawa Barat. Warga menemukan ratusan botol oli siap edar di rumah tersebut.

Ketua RW 9 The Palm Residence Desa Sriamur, Tambun Utara, Bekasi mengatakan bahwa penggerebekan dilakukan setelah menerima laporan warga. Warga curiga adanya aktivitas mencurigakan di rumah yang terletak di Blok C18 No 22 itu. Penggerebekan dilakukan pada Minggu pukul 15.00 WIB. Warga kemudian mengintai aktivitas tersebut. Warga semakin curiga saat melihat aktivitas beberapa karyawan di rumah tersebut. Warga menemukan ratusan botol oli siap edar di rumah tersebut. Sementara lokasi sudah diberi garis polisi.

Saat ini mungkin masih banyak beredar oli palsu. Oli palsu, selain merugikan produsennya, juga berdampak negatif untuk kendaraan bermotor. Oli palsu bisa merusak mesin kendaraan. Padahal, tujuan mengganti oli kendaraan adalah untuk merawat mesin kendaraan itu sendiri. Pertamina memberikan tips membedakan oli asli dan palsu.

Perbedaan oli asli dan palsu bisa dilihat secara kasat dari kemasannya. Misalnya dengan melihat nomor batch atau nomor urut yang disesuaikan dengan produksi pelumas dalam satu tahun. Untuk pelumas dalam drum posisi ada pada body & top drum dicetak sablon. Untuk pelumas dalam lithos (botol) ada pada leher dan tutup botol dicetak laser. Kedua-duanya harus sama. Untuk pelumas dalam IBC dan ISO Tank pada label masing-masing.

Jika dilihat dalam kemasannya, pada leher botol terdapat nomor batch. Nomor di leher botol itu sejajar dengan nomor di tutup botol. Kedua nomor itu harus sama, kalau ada nomor yang berbeda maka terindikasi palsu. Selanjutnya bisa dilihat pengaman atau seal di kemasannya. Semua pengaman atau seal produk oli asli ada pada tutup.

Baca Juga: Hindari Kelamaan Duduk! Tingkatkan Risiko Kanker Usus 70 Persen

Untuk pelumas dalam Lithos (botol) ada cap pengaman akan rusak jika dibuka merupakan pengaman pertama. Di samping itu masih ada alumunium foil yang juga akan rusak jika dibuka. Selain itu, ada logo Pertamina di belakang stiker label. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply