Cara Mudah Jauhkan Maling Dari Rumah Saat Ditinggal Mudik

0
C MauTips.com, Jakarta. Rasa tidak aman dan rasa takut sekarang ada di hati masyarakat. Kasus pencurian dan perampokan semakin tinggi setiap tahunnya. Oleh karena itu perlu diterapkan cara rumah terhindar dari maling yang efektif dan tidak disangka oleh pelaku kriminal. Jika rumah sudah dibobol oleh pencuri maka harta benda berharga bisa raib atau hilang.

Benar adanya jika kasus pencurian di rumah warga pada tahun-tahun belakangan semakin meningkat tajam. Banyak penyebab yang membuat orang menjadi pencuri semisal krisis ekonomi, tidak dapat pekerjaan, atau karena sifat dia yang jahat. Saat mudik ke kampung halaman maka harus memastikan rumah yang ditinggalkan aman dan jauh dari perhatian maling.

Selain itu, rumah juga harus aman dari berbagai musibah yang bisa terjadi semisal kebakaran. Berikut ini adalah tips meninggalkan rumah dalam kondisi aman saat mudik. Jangan tampakkan bahwa rumah sedang kosong, jika bisa gunakan lampu yang memiliki timer waktu untuk menyala pada waktu tertentu.

Perhiasan dan uang sebaiknya tidak ditinggalkan dalam rumah. Jika banyak maka titipkan saja ke bank atau orang terpercaya. Memasang alarm bisa jadi salah satu opsi yang lebih baik. Pastikan untuk mematikan peralatan elektronik dan mencabut kabelnya dari saklar. Kompor gas sebaiknya dicabut dari regulatornya.

Baca Juga: Manfaat Kebiasaan Baik Yang Dapat Dilakukan Selama Puasa Ramadan

Jika memungkinkan letakkan tabungnya di ruang terbuka di belakang rumah. Jangan update di medsos bahwa Anda sudah berangkat sekeluarga dan rumah kosong. Jika ada orang yang tahu alamat Anda maka bisa jadi menimbulkan niat buruk. Memasang CCTV bisa pula jadi pilihan untuk mengawasi rumah saat sedang kosong. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply