Pengertian dan Cara Pembuatan Pondasi Sumuran

1

Pondasi sumuran merupakan fondasi yang terbuat dari susunan pipa-pipa beton di dalam tanah yang membentuk sumur. Pipa-pipa itu kemudian dicor menggunakan bahan beton dan batu belah sebagai pengisinya. Pondasi sumuran ini umumnya diaplikasikan apabila lapisan tanah dasar berada cukup dalam.

Bahan baku pembuatan pondasi sumuran adalah beton pracetak atau beton bertulang yang berbentuk pipa silinder. Namun khusus untuk pembuatan pondasi, pipa beton yang dibutuhkan berukuran diameter 2,5 m, 3 m, 3,5 m, dan 4 m. Pipa beton ini bisa Anda pesan di toko-toko bangunan sekitar rumah atau di direktori bisnis online Indotrading.com.

Dalam pembuatan pondasi, pertama-tama Anda harus memasang sumuran berupa penempatan pipa beton yang telah Anda pesan di tempat jual pipa beton tadi di dalam tanah sedemikian rupa. Kemudian isi sumuran dengan cor yang terbuat dari adukan beton dan batu kali. Selanjutnya setelah pondasi selesai, tepat di atas pondasi tersebut bangunlah struktur kolom yang menjadi pegangan dinding bangunan. Secara singkat langkah-langkah pemasangan pondasi sumuran adalah sebagai berikut :

1. Buat galian di tanah yang memiliki ukuran sesuai dengan diameter pipa beton yang Anda pesan di tempat jual pipa beton.
2. Setelah galian mencapai sekitar 80 – 100 cm, masukkan pipa beton yang pertama ke dalamnya. Pastikan pipa beton telah masuk dengan sempurna.
3. Lanjutkan kembali penggalian di tempat yang direncanakan sebagai pondasi tersebut hingga mencapai lapisan tanah yang keras. Biasanya berada di kedalaman sekitar 2-3 meter.
4. Setelah itu, masukkan pipa beton yang kedua tepat di atas pipa beton pertama. Setelah itu, susun pipa-pipa beton di atasnya hingga setara dengan permukaan tanah.
5. Agar susunan pipa beton terangkai dengan kuat, tambal celah-celahnya menggunakan adukan semen dan pasir.
6. Selanjutnya buat adukan pengisi pondasi sumuran yang terdiri dari semen, pasir, kerikil, dan air. Campur secara merata sebelum digunakan.
7. Masukkan batu kali ke dalam sumuran terlebih dahulu hingga mencapai ketinggian 50 cm. Lalu tuangkan adukan beton di atasnya. Masukkan lagi batu kali hingga ketinggian 50 cm, dan tuangkan lagi adukan beton di atasnya. Lakukan ini seterusnya hingga seluruh volume sumuran terisi penuh dengan batu kali dan adukan beton.
8. Setelah selesai, di bagian atas pondasi sumuran ini, Anda bisa membuat kolom bangunan.

Pengertian dan Cara Pembuatan Pondasi Sumuran

Ada dua faktor yang menentukan pondasi sumuran dikatakan baik. Faktor pertama adalah daya dukung pondasi harus lebih besar daripada beban. Sementara itu, faktor kedua adalah tingkat penurunan tanah dalam sumuran tidak melebihi batas toleransi yang ditetapkan. Semoga bermanfaat!

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

1 Comment

  1. Koreksi kak venelova, foto yang diguanakan diatas judul itu alat untuk pembuatan pondasi strauss pile. Bagus artikelnya trimakasih

Leave A Reply