Tips Jaga Rumah Tetap Bersih dan Sehat Lewat Hal Mudah

0
T MauTips.com, Jakarta. Sebenarnya, kebersihan dan kesehatan bisa dicapai dengan beberapa hal simpel yang kerap dilupakan. Seringkali orang berpikiran rumah yang bersih dan sehat adalah rumah yang tidak kotor. Misalnya seperti mencuci tangan, mencuci baju dan permukaan barang pada waktu yang tepat.

Para ahli yakin seharusnya orang-orang lebih fokus pada 4 hal berikut ini.
Mencuci tangan sangat penting dilakukan sebelum dan setelah memegang atau menyiapkan makanan, setelah menggunakan toilet, setelah batuk, bersin, memegang hewan peliharaan dan merawat orang sakit. Membersihkan permukaan dapur dan talenan juga sangat penting setelah menggunakannya untuk makanan mentah misalnya daging-dagingan atau misalnya sebelum menyiapkan makanan seperti roti lapis dan cemilan. Bersihkan menggunakan air hangat dan sabun, gunakan air yang cukup panas sekitar 70 derajat celsius jika ingin membunuh bakterinya.

Mencuci serbet kotor dan spons atau sikat setelah digunakan untuk membersihkan permukaan. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya. Menyapu dan mengepel serta mengelap furnitur tidak perlu dilakukan sesering mungkin, karena walau terlihat kotor namun pada umumnya mikroba di tempat tersebut tidak berisiko membahayakan kesehatan.

Bebersih dengan kebersihan sangatlah berbeda. Bebersih berarti menyingkirkan kotoran dan mikroba, kebersihan berarti bebersih di tempat dan waktu yang tepat, dengan cara yang benar, untuk merusak rantai infeksi saat menyiapkan makanan, menggunakan toilet, merawat hewan peliharan, dan lain-lain.

Tak perlu takut dikatakan terlalu bersih, menurut Prof Prof Lisa Ackerley, pakar kebersihan makanan di Royal Society for Public Health, justru pergi keluar dan bermain memaparkan diri kita dengan bakteri baik dan membangun mikrobioma yang sehat.

Baca Juga: Tips Mencegah Payudara Ibu Menyusui agar Tidak Terasa Kosong

Kebersihan yang baik di rumah dan kehidupan sehari-hari untuk membantu mengurangi infeksi sangat penting sekali agar melindungi anak-anak kita dan mengurangi tekanan pada Kementerian Kesehatan, dan berperan besar dalam melawan resistensi antibiotik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply