Apakah Alasan Seseorang Hingga Berani Palsukan Postingan Sosial Media?

0
A MauTips.com, Jakarta. Baru-baru ini publik dihebohkan dengan kisah selebgram Adriansyah Martin yang diduga mengedit foto milik orang lain di Instagram. Kelakuan Andriansyah ini diungkap oleh selebgram Miles Mogul. Sudah jadi insting kita untuk menyalahkan media atas terbentuknya persepsi masyarakat terhadap bagaimana sebenarnya hidup ideal itu.

Standar hidup yang ideal ini, misalnya, ditunjukkan media melalui tubuh dan wajah model tanpa cacat hasil photoshop di majalah ternama. Selain itu, konsep ideal ala media juga disampaikan kepada masyarakat melalui glamornya kehidupan selebritis, yang jika dibandingkan dengan hidup kita, maka hidup kita akan terasa membosankan dan kalah pamor.

Berikut adalah beberapa gambaran soal citra diri yang tak pernah 100% nyata di media sosial. Pada dasarnya setiap orang butuh diakui oleh orang lain. Tujuan hidup setiap manusia juga agar dirinya punya arti dan orang lain dapat melihat hal baik dari dirinya. Sebenarnya setiap orang memiliki jiwa narsis yang tujuannya agar dapat membanggakan dirinya, supaya orang lain bisa mengetahui dengan eksistensinya.

Sebenarnya sosial media menjadi sarana yang baik dan positif untuk orang-orang ingin menampilkan sisi narsisnya dan bisa diakui orang lain. Memang, ada beberapa orang yang menjadi terobsesi dan memiliki perilaku di media sosial berlebihan yang akan berdampak negatif. Semakin orang itu memposting sesuatu dan tujuannya mendapat feedback positif dari orang lain, ia akan ‘haus’ komentar positif.

Baca Juga: Berapakah Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?

Semakin ‘haus’ komentar positif, maka mereka akan melakukan segala cara untuk memposting apapun di media sosial. Orang yang berperilaku seperti itu sebenarnya mereka tidak percaya diri dan merasa insecure. Alhasil mereka menutupi segala kekurangan agar mendapat respon positif dari orang lain dengan berperilaku berlebih pada media sosial.

Melihat hal tersebut sebaiknya sebagai pengguna media sosial harus cermat dalam memposting. Agar postingan yang diunggah tidak menjadi boomerang untuk diri sendiri. Be smart dan wise …. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply