Cara Mengetahui Kebenaran Informasi di Media Sosial Hati-Hati Hoax!

0
C MauTips.com, Jakarta. Di Indonesia lebih dari 132 juta pengguna, atau sekitar 51 persen dari total populasi Indonesia terhubung satu dengan yang lainnya melalui dunia maya dengan berbagai perangkat digital. Media sosial seperti jamur di musim penghujan, banyak jumlahnya. Penggunanya sudah tak pandang bulu, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Bukan hanya konten positif saja yang tersedia di media sosial, melainkan konten bersifat negatif dan tidak benar sudah banyak tersebar dan tak jarang membuat pertikaian antar pengguna media sosial. Apalagi dinamika politik, ekonomi, serta sosial di Indonesia belakangan ini di Indonesia yang tinggi.

Tak jarang atmosfer sosial media Indonesia belakangan memanas. Seharusnya media sosial dapat menyatukan bangsa. Untuk itu sebagai pengguna media sosial kita harus lebih bijak agar tidak terprovokasi. Untuk mengetahui ciri informasi hoax atau tidak benar yang membuat kita emosi.

Konten negatif sekarang telah menjadi industri, jadi banyak akun palsu. Jadi harus hati-hati. Jika berita membuat kita marah, itu bisa jadi akun atau informasi hoax. Seharusnya akun media sosial harus menginspirasi. Jadi kita harus membuat konten kreatif dan positif agar informasi negatif tersingkir.

Baca Juga: Ini Caranya Biar Daging Kambing Nggak Bau dan Alot

Selain itu kita harus lebih memperhatikan lagi siapa yang menulis berita tersebut, lihat medianya sudah terkridibilitas atau belum, lalu lihat sudah sesuai dengan kaidah jurnalistik atau belum. Jangan pernah berbuat kejahatan di internet karena dapat meninggalkan jejak yang bisa ditelusuri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply