Dapatkah Virtual Reality Membantu Penyelidikan Penyebab Kebakaran? Simak Disini

0
D– VR untuk keamanan mungkin belum banyak yang pernah mendengar, karena kebanyakan VR terkenal dengan hiburan yang disuguhkan kepada penggunanya. Namun, tahukah Anda bahwa VR untuk keamanan memang benar-benar ada? RiVR membuat sebuah sistem dimana seseorang dapat menginvestigasi gedung atau tempat yang mengalami kebakaran. Dengan sistem ini, munculah inovasi baru VR untuk keamanan.

Tapi sebelumnya, apakah Anda sudah tahu apa itu virtual reality atau yang sering disingkat menjadi VR? Virtual reality merupakan sebuah teknologi yang menggunakan video serta audio 3D. Jika pengguna memakai VR headset, pengguna akan dibawa ke ‘dunia’ lain dimana pengguna akan merasakan hal yang sangat berbeda dari dunia lain.

Contohnya, Anda sedang berada di rumah. Ketika memakai VR headset, Anda akan berada di dasar laut dalam sekejap dan Anda akan merasa sedang benar-benar berada di dasar laut. Begitulah cara kerja virtual reality, otak Anda akan berpikir bahwa Anda akan ada di tempat yang benar-benar berbeda dari tempat Anda sebelum memakai VR headset tersebut.

Melihat keunikan dari teknologi ini, para ahli mulai banyak yang mengembangkan teknologi VR ini. Kebanyakan, teknologi VR digunakan untuk gim karena dianggap akan memicu adrenalin karena pengguna akan merasa lebih asyik berada di ‘dalam’ game itu. Selain itu, VR juga sering digunakan untuk bidang Pendidikan serta kesehatan. Salah satu yang paling terbaru adalah VR untuk keamanan. VR untuk keamanan memang belum begitu banyak, namun salah satunya adalah untuk melakukan investigasi kepada tempat kejadian kebakaran.


Bagaimana caranya?

Jadi, RiVR membuat sebuah sistem dimana satu kamera dengan monitor diletakan di suatu tempat. Jika tempat tersebut terbakar, kamera tersebut akan menangkap gambar ketika kejadian berlangsung, bahkan sampai monitor dan kamera itu meleleh karena tidak kuat dengan panasnya api di lokasi kejadian. Nantinya, pengguna sistem RiVR, dapat menjelajahi tempat tersebut ketika sedang terbakar dan sesudah terbakar. Karena itu, pengguna dapat melakukan investigasi dan mencari tahu apa yang penyebab kebakaran. Gambar yang ditangkap kamera pun juga sangat detil—sampai tertangkap gambar jika ada nyawa yang tidak tertolong.

Seperti yang kita ketahui, tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam lokasi kejadian jika terjadi kebakaran. Kemungkinan hanya pemadam kebakaran yang dapat mengetahui apa yang terjadi di lokasi kejadian secara detail. Bahkan, keluarga korban atau korban sendiripun tidak diperbolehkan untuk meninjau lokasi karena terlalu berbahaya. Namun jangan khawatir, hal ini dapat diatasi dengan program RiVR ini. Para pengguna dapat meninjau kejadian dengan detil dan kapanpun mereka mau. Dengan adanya program ini, Anda akan dapat mengetahui bagaimana cara pencegahan, menyelamatkan diri, dan penanggulangannya.

Sebenarnya, selain untuk kejadian kebakaran, program VR untuk keamanan juga pernah dibuat. Sebuah program VR untuk keamanan dibuat, dimana pengguna dapat berlatih diri untuk melakukan pekerjaan di tempat dengan ketinggian yang ekstrim seperti contohnya gedung. Pernahkah Anda melihat pekerja sedang membersihkan kaca atau mengecat sebuah gedung tinggi? Mungkin pekerja tersebut menggunakan rope access atau tali akses sebagai pengaman, tapi ada juga yang menggunakan aerial lift. Nah, Union of Painters and Allied Trades memberlakukan pelatihan VR kepada karyawannya dengan cara latihan mengoperasikan aerial lift tersebut melalui program VR.

Chirs Hooter, salah satu pekerja di Union of Painters and Allied Trades, berkata bahwa program ini sangat realistis. Bahkan jika ia melihat ke bawah, pemandangannya sungguh terlihat nyata, seakan-akan ia sedang berada di ketinggian tertentu. Hal ini tentu saja lebih baik karena karyawan dapat mencoba mengoperasikan alat tersebut terlebih dulu, tanpa takut ada resiko kecelakaan kerja.

Virtual reality banyak sekali digunakan untuk berbagai bidang, salah satunya VR untuk keamanan. Walaupun headset VR bisa dikatakan cukup mahal, namun banyak hal yang akan didapatkan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli atau mempelajari lebih dalam tentang VR?

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply