Efek Buruk Sering Main Gadget Anak Bisa Menjadi Pelupa

0
E MauTips.com, Jakarta. Saat ini disarankan bagi orangtua untuk berhati-hati mengenalkan gadget pada anak karena bisa berdampak buruk di masa depan bila terpapar sejak dini. Anak-anak harus mendapat stimulasi aktif untuk mengembangkan kemampuan motorik, kognitif serta sosial dan emosi. Bermain dengan gadget saja berarti mengesampingkan faktor-faktor di luar kognitif.

Kendati demikian, sensasi bermain lewat gadget dibandingkan mainan fisik, misalnya balok beraneka bentuk, akan memberi stimulasi berbeda untuk anak. Lewat mainan, anak dapat memaksimalkan panca indera untuk mempelajari banyak hal, misalnya bentuk benda dan tekstur permukaan. Hal seperti itu tidak bisa didapatkan lewat permainan gadget yang hanya mengandalkan sentuhan jari. Anak-anak yang dibiarkan terlalu sering memainkan smartphone atau gadget lainnya berisiko mengalami masalah mental. Mereka dapat menjadi mudah lupa.

Konsentrasi anak hanya terfokus pada gawai dan lebih jarang fokus untuk hal lainnya lebih kompleks. Ini membuat anak yang kecanduan berpeluang menjadi pelupa. Cahaya gadget sebenarnya membantu penggunanya untuk fokus pada layar. Namun cahaya ini tidak selamanya baik tujuannya. Apalagi gadget memiliki cahaya biru yang buruk jika terlalu sering terpapar pada mata.

Baca Juga: Cara Sederhana Deteksi Gejala Prediabetes

Sementara itu, cahaya ini turut merangsang seseorang untuk fokus pada gadget lebih lama. Gadget mampu membuat seseorang lebih fokus. Jika anak-anak bermain gadget cukup lama, ilmu dari bahan pembelajaran di sekolah cenderung lebih mudah terlupakan. Oleh sebab itu, untuk memperkuat ingatan, ada baiknya anak secara rutin diminta menerangkan berbagai hal yang diperolehnya di sekolah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply