Segera Backup Chat dan Data WhatsApp, Ini Alasannya!

0
S MauTips.com, Jakarta. Sebelumnya, layanan pesan singkat WhatsApp mengumumkan kerja sama dengan raksasa mesin pencari Google. Pengguna bisa menyalin (backup) semua data di WhatsApp ke Google Drive tanpa mengurangi kuota kapasitas penyimpanan yang tersisa.

Kebijakan ini telah berlaku pada 12 November 2018 dan khusus untuk pengguna Android. Kendati begitu, pengguna WhatsApp harus segera memperbarui backup datanya dari sekarang. Google juga mulai menyebar e-mail pemberitahuan bagi pengguna Drive, meminta mereka melakukan backup data WhatsApp mulai sekarang. Backup yang dilakukan saat ini masih memakan kapasitas penyimpanan Google Drive, sebab kebijakan barunya belum dicanangkan.

Artinya, Anda harus memastikan memori Google Drive cukup menampung semua data WhatsApp yang dianggap penting. Cara mem-backup data kita di WhatsApp cukup mudah, buka aplikasi WhatsApp di Android, pilih “Settings”, “Chats”, “Chat backup”, lantas “Back up to Google Drive”. Tentu saja Anda harus memiliki akun Google yang teraktivasi di smartphone.

Perlu dicatat pula, data WhatsApp yang Anda backup tak akan terlindungi oleh sistem enkripsi end-to-end dari layanan bernuansa hijau tersebut. Kebijakan baru WhatsApp dan Google ini bisa dibilang bermanfaat agar Anda tak perlu kehilangan data percakapan lama jika diperlukan di masa mendatang.

Jadi, bagi para pengguna yang belum mem-backup chat dan data mereka yang dianggap penting di Google Drive, mereka bakal kehilangan histori chat mereka akibat aksi “bersih-bersih” tersebut. WhatsApp telah mencapai kesepakatan dengan Google untuk menyimpan konten milik pengguna di Google Drive.

Namun, tidak disebutkan berapa batasan maksimal kapasitas penyimpanan yang bisa dipakai pengguna. WhatsApp juga memperingatkan bahwa backup data yang tidak diupdate lebih dari satu tahun juga akan secara otomatis dihapus dari Google Drive.

Baca Juga: Tips Kenali Ciri Aplikasi Utang Online Abal-Abal

Keputusan ini sebenarnya akan memudahkan pengguna ketika mereka akan me-reload data mereka di smartphone Android yang lain. Pengguna Android bisa mengupdate dan mengatur ulang frekuensi update, sepanjang mereka punya akun personal di Google. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply