Sering Angkat Ponsel Tinggi-Tinggi Karena Susah Sinyal? Baca Ini Dulu

0
S MauTips.com, Jakarta. Ada kalanya jaringan seluler Anda memburuk ketika hendak mengunggah video ke Instagram atau sekadar mengobrol dengan teman via WhatsApp. Salah satu kendala saat berpergian ke tempat terpencil adalah susah sinyal. Kalau pun ada sinyal, biasanya tidak stabil. Status bar sinyal pada ponsel terlihat naik-turun, atau bahkan hilang sama sekali. Untuk kembali mendapatkan sinyal, ada sebagian orang yang mengangkat ponselnya tinggi-tinggi atau menggoyangkannya.

Anda berharap smartphone akan menangkap sinyal lebih baik karena lebih dekat dengan menara-menara base transceiver station (BTS) yang tinggi. Namun mulai sekarang hentikan saja kebiasaan itu karena ternyata tak ada gunanya. Smartphone tak akan menangkap sinyal lebih baik hanya karena diangkat ke atas. Jaringan seluler sudah tersebar di sekitar kita dalam jumlah yang melimpah. Hanya saja, infrastruktur bangunan padat di perkotaan yang berliuk-liuk memengaruhi alur sinyal sampai ke perangkat elektronik.

Ketika sinyal tiba-tiba hilang, hal yang sejatinya lumayan membantu adalah berjalan kaki sembari membawa smartphone. Sebab, bisa saja sinyal terhalang bangunan. Ada banyak faktor yang menyebabkan sinyal telepon seluler tidak stabil dan bahkan hilang. Misalnya ada bangunan tinggi atau sinyal terhalang perbukitan yang tinggi. Sinyal pun cukup lemah untuk dihantarkan dari antenna pemancar BTS hingga ke ponsel.

Baca Juga: Cara Mudah Agar Anak Mampu Berpikir Lebih Optimal

Pemicu seperti ini tidak akan efektif jika seseorang mengangkat ponselnya tinggi-tinggi demi sinyal satu bar. Jika menemui kendala susah sinyal seperti ini lebih disarankan untuk berpindah tempat hingga beberapa ratus meter sampai ditemukan lokasi yang mendukung sinyal seluler. Naik ke tempat lebih tinggi tanpa penghalang juga data menjadi solusi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply