Tips Agar Tak Meledak, Perhatikan Hal Ini Saat Pasang Tabung Gas

0
T MauTips.com, Jakarta. Memasak dengan menggunakan kompor gas memang sangat mudah dan praktis. Anda cukup memutar pemantik api dan kemudian api akan langsung menyala. Akan tetapi, tidak demikian dengan regulator kompor gas. Untuk memasangnya diperlukan ketelitian dan harus hati-hati.

Jika Anda salah dalam memasang regulator kompor gas maka beresiko terjadi kebocoran gas yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan tabung gas. Ledakan tabung gas yang terjadi di sebuah mal bukan hanya membuat heboh tapi juga berbahaya. Agar tabung gas aman dari ledakan, perhatikan cara memasangnya. Tabung gas kini jadi kebutuhan penting saat akan memasak menggunakan kompor gas. Meskipun terkesan mudah, masih banyak orang yang lalai saat memasang tabung gas sehingga menyebabkan resiko tabung meledak. Padahal kalau dipasang dengan benar, tabung gas akan aman digunakan.

Agar terhindar dari hal tersebut, perhatikan cara memasang regulator kompor gas dengan benar berikut ini.

Pastikan gas tidak bocor
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan tabung tidak bocor, salah satunya dengan memberi air sabun pada mulut tabung gas. Jika tak ada gelembung artinya tabung aman untuk disambungkan dengan selang gas.

Kompor harus dalam keadaan mati
Saat akan memasang gas atau mengganti tabung gas, pastikan kompor dalam keadaan mati. Jika ada kompor di sebelahnya yang menyala, sebaiknya juga matikan selama proses mengganti tabung gas.

Periksa karet pada mulut gas
Setiap tabung gas dilengkapi dengan rubber seal atau karet pada mulut gas. Karet berwarna hitam ini untuk melindungi kebocoran gas saat selang dihubungkan antara mulut gas dengan kompor. Karet ini memiliki bentuk yang tebal dan elastis. Rubber seal juga memiliki fungsi untuk menahan tekanan jarum pada regulator.

Pasang regulator dengan benar
Pasang regulator dengan posisi tegak lurus ke arah leher tabung. Lakukan penekanan dengan perlahan saat memasang regulator, pastikan jarum regulator menancap dengan baik. Setelah dirasa cukup kuat, barulah putar kunci regulator.

Baca Juga: Tips Mencegah Ngantuk Setelah Makan

Pastikan tak ada suara mendesis
Kalau regulator sudah terpasang dan terkunci dengan benar, jangan langsung menyalakan kompor. Periksa juga apakah ada suara mendesis yang keluar dari mulut gas, kalau masih ada suara berdesis tandanya pemasangan regulator belum benar. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply