Benarkah Sering Bangun Siang Bikin Wanita Rentan Depresi!

0
B MauTips.com, Jakarta. Jika Anda punya kebiasaan untuk terjaga hingga larut malam dan kesulitan untuk bangun pagi keesokan harinya, Anda patut waspada. Sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal Chronobiology International menemukan adanya hubungan antara begadang dan bangun siang dengan kematian dini.

Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kematian dini dialami orang-orang yang bangun siang sebesar 10% lebih banyak dibanding orang dengan jam tidur teratur. Sebuah penelitian juga mengungkap hasil yang cukup bikin kaum wanita khawatir, yakni mengenai kebiasaan bangun siang. Menurut hasil studi tersebut, jika wanita sering bangun siang maka rentan mengalami depresi. Apalagi jika hal itu disebabkan oleh kebiasaan bekerja hingga larut malam. Sebaliknya, wanita yang terbiasa bangun pagi maka risiko mengalami depresi menurun.

Penelitian yang diselenggarakan oleh Universitas Colorado Boulder dan Rumah Sakit Wanita Boston itu diikuti oleh sekira 32 ribu partisipan wanita yang memiliki usia rata-rata 55 tahun. Lama studi adalah dua tahun, untuk memperoleh hasil yang optimal. Sebagian besar partisipan adalah perawat dari Nurses Health Study.

Mereka harus mengidentifikasi kronotipe (jam waktu tubuh) sehari-hari untuk melihat rutinitas yang dikerjakan. Dari hasil yang terlihat, 37 % perawat biasa bangun pagi, 53 % melakukan kedua hal itu yakni bangun pagi dan kadang siang. Sementara 10 % biasa bangun siang. Asumsinya, wanita yang biasa bangun pagi akan sering menerima paparan sinar matahari pagi ketimbang yang bangun siang.

Mereka yang kerap mendapat sinar matahari pagi hanya memiliki risiko 12 – 27 persen mengalami depresi. Menurut pemimpin penelitian, Dr Celine Vetter, waktu dan seberapa lama seseorang terpapar sinar matahari pagi berdampak pada kronotipe dan risiko depresi mereka.

Baca Juga: Tips Tetap Sehat kala Begadang Nonton Piala Dunia 2018

Tidur cukup dan waktu bangun adalah hal yang berpengaruh terhadap risiko depresi. Hasil temuan lain dari penelitian itu menyebutkan bahwa wanita yang biasa begadang umumnya sulit menemukan pasangan dan hidup sendirian. Selain itu, bangun pagi dan beraktifitas di luar ruangan serta olahraga adalah faktor penting agar terhindar dari gangguan mental. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply