Tips Aman Wisata Alam Saat Libur Akhir Tahun

0
T MauTips.com, Jakarta. Menjelang pergantian tahun, tidak sedikit orang yang ingin melewatkan malam terakhirnya di kawasan wisata alam.

Sebagai negara yang dikelilingi cincin api, Indonesia sangat dengan ancaman bencana alam. Namun di balik ‘teror’ tersebut, negara kepulauan ini memiliki beragam destinasi wisata yang memukau alam mulai dari laut hingga gunung. Hal yang perlu diutamakan saat mengunjungi destinasi wisata alam dalam rangka merayakan momen libur akhir tahun, adalah keselamatan. Berpikir logis dan tidak panik adalah langkah utama untuk tetap selamat. Berikut adalah tips singkatnya.

Gunung
Satu hal yang perlu diwaspadai saat berkunjung ke dataran tinggi adalah soal status gunung tersebut. Hal ini dikarenakan jumlah gunung berapi di Indonesia tidak sedikit. Kebanyakan gunung yang memiliki pemandangan istimewa adalah gunung berapi aktif, seperti gunung Bromo-Semeru (Jawa Timur), gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat), gunung Merapi (Jawa Tengah), Gunung Kerinci (Sumatera), dan lainnya.

Tanda-tanda letusan gunung berapi yang patut diwaspadai adalah sering terjadi gempa tremor, banyak hewan turun gunung, dan sering terdengar suara gemuruh.

Lembah
Sebagai daratan luas di tengah ‘kerumunan’ dataran tinggi, Lembah selalu menyenangkan untuk dijadikan tujuan wisata alam. Beberapa lembah yang cukup terkenal di Indonesia seperti Lembah Harau (Sumatera Barat), Lembah Baliem (Papua), Lembah Kijang (Jawa Timur), Lembah Ramma (Sulawesi Selatan), dan lainnya.

Ancaman yang mengintai jika ingin melewati malam pergantian tahun di kawasan lembah adalah longsor, khususnya saat musim hujan seperti yang menjadi langganan bulan Desember.

Gua
Berwisata ke salah satu jalur perut bumi, termasuk kategori wisata minat khusus yang memerlukan keahlian tertentu. Namun belakangan ada beberapa gua yang mendulang atensi banyak wisatawan awam, seperti Gua Jatijajar (Jawa Tengah), Gua Gong (Jawa Timur), Gua Pindul (Yogyakarta), dan lainnya. Salah satu ancaman yang patut diwaspadai saat berkunjung ke gua adalah gempa bumi.

Baca Juga: Tips Hindari Bahaya Abu Vulkanik Gunung Berapi

Meskipun berlangsung sangat cepat, namun pengalaman menghadapi gempa bumi tidak pernah menyenangkan. Hal yang patut dilakukan jika terjadi gempa bumi adalah segera mungkin merunduk dan melindungi kepala, hindari gerakan yang tidak perlu untuk meminimalisir cedera, dan kemudian segera menuju ke area terbuka. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply