Tips Liburan Aman dan Nyaman Tanpa Sakit Mag

0
T MauTips.com, Jakarta. Akhir tahun menjadi momen yang ditunggu banyak orang untuk menghabiskan cuti dan merencanakan liburan dengan traveling ke ragam destinasi.

Jika agenda liburan sudah disiapkan, jangan sepelekan hal-hal yang bisa saja terjadi ketika traveling. Walaupun ketika hendak berangkat traveling tubuh dalam keadaan fit, bisa saja ketika sampai destinasi liburan justru terkena penyakit. Faktanya, ada beberapa penyakit yang sering menyerang traveler, antara lain alergi udara panas atau dingin, diare, dan flu. Mag kambuh menjadi mimpi buruk ketika sedang liburan. Pasalnya, ketika liburan pola makan bisa terganggu karena padatnya aktivitas. Belum lagi menu makanan biasanya berbeda dengan menu sehari-hari. Hal tersebut bisa memicu kambuhnya mag. Berikut beberapa tips agar mag tidak kambuh saat traveling.

Pilih Menu Makanan yang Aman
Sebaiknya, pilih menu makanan yang bisa dicerna baik oleh lambung ketika traveling. Misalnya dengan menghindari makanan yang terlalu pedas. Makanan pedas seperti cabai mengandung capcaisin yang bisa memicu produksi asam lambung berlebihan. Bahkan makanan pedas bisa mengurangi lapisan yang berfungsi melindungi lambung sehingga rentan terkena infeksi.

Hindari Makan Porsi Besar
Mencicipi ragam kuliner khas saat traveling menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Namun hati-hati, jangan makan dalam porsi besar ketika traveling. Sebab, hal tersebut bisa menganggu pencernaan. Faktanya, ketika lambung sudah penuh terisi makanan, asam yang dihasilkan lambung juga semakin banyak. Hal ini bisa menyebabkan luka dan membuat mag kambuh.

Baca Juga: Tips Agar Keluarga Tak Gampang Sakit di Musim Hujan

Jangan Berbaring Setelah Makan
Usai kulineran dan berjalan jauh memang paling nikmat langsung beristirahat seperti berbaring. Namun dr. Helmin mengungkapkan berbaring bisa menyebabkan mag kambuh. Penyebabnya tubuh jadi bekerja lebih keras mencerna makanan ketika seseorang langsung tidur. Maka tidak bisa dipungkiri jika gangguan pencernaan terjadi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply