Tips Liburan Naik Mobil? Biar Aman Jangan Lupa Perhatikan Ini

0
T MauTips.com, Jakarta. Menghadapi tahun baru biasanya masyarakat berbondong-bondong memanfaatkan waktu bersama keluarga.

Agar lebih nyaman, mengendarai kendaraan pribadi menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghabiskan liburan bersama. Berbeda halnya jika menggunakan kendaraan umum karena beberapa wilayah tidak bisa dijangkau. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin berlibur menggunakan kendaraan pribadi. Berikut tips-tips bagi Anda ketika berlibur menggunakan kendaraan pribadi.

Periksa kondisi kendaraan
Saat bepergian, apalagi perjalanan jauh, kendaraan harus berada dalam kondisi baik. Periksa tekanan ban, kapasitas air dan kondisi aki, radiator, serta oli. Jika belum yakin, bawalah kendaraan ke bengkel untuk diperiksa masing-masing komponennya. Jangan lupa pastikan bensin terisi secara penuh sebelum memulai perjalanan.

Lengkapi kendaraan dengan peralatan darurat
Ban serep beserta kuncinya, dongkrak, obeng, kunci inggris, senter, juga segitiga pengaman adalah beberapa alat penting yang harus ada dalam kendaraan. Benda-benda tersebut harus disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jaga kebugaran selama berkendara
Kebugaran dan kesehatan tubuh sangat penting bagi para pengendara karena dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam berkendara. Apalagi jika Anda menyetir di jalanan antar kota atau provinsi. Jangan paksakan jika lelah mulai terasa. Carilah tempat peristirahatan yang cukup nyaman di sepanjang perjalanan.

Lindungi Kendaraan
Meski ketiga langkah sebelumnya sudah diterapkan, Anda tetap harus melakukan tindakan preventif untuk melindungi diri dan kendaraan dari musibah yang tak diinginkan. Meskipun sudah tertib di jalanan, bukan tidak mungkin terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Usaha Dan Kerja Keras Tak Akan Pernah Mengingkari Hasil Akhir

Di sinilah pentingnya asuransi yang akan memastikan ketenangan saat berkendara. Dengan asuransi, Anda tidak perlu khawatir jika risiko buruk menimpa mobil Anda. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply