Tips Waspada Tsunami Saat Liburan di Pantai

0
T MauTips.com, Jakarta. Gempa Palu di Sulawesi Tengah yang disusul tsunami, menimbulkan banyak korban jiwa. Sebagian korban ada di pantai, karena pada saat kejadian memang sedang ada festival. Indonesia juga punya banyak pantai yang indah.

Tentu tidak ada orang yang ingin tertimpa musibah. Banyak traveler yang suka liburan ke pantai. Namun jangan lupa untuk selalu siaga dan waspada jika terjadi gempa karena berpotensi tsunami.

Berikut ini tips waspada tsunami saat liburan ke pantai.

Gembira itu harus, tapi waspada itu wajib
Liburan ke pantai pasti semua wisatawan ingin bergembira ria. Berenang, berjemur, minum air kelapa muda, main water sport dan lain-lain. Tapi jangan lupa untuk waspada sejak detik pertama kamu tiba di sana.

Cari lokasi jalur evakuasi tsunami
Pantai-pantai di Indonesia memiliki jalur evakuasi tsunami yang ditandai dengan plang berwarna oranye berbentuk panah. Saat sudah dekat dengan pantai tujuan kamu, pasti melewati plang-plang ini. Ingat-ingat dimana letaknya!

Perhatikan bukit di dekat pantai
Bukit di dekat pantai, bisa menjadi penyelamat saat terjadi tsunami. Kalau liburan ke pantai, coba tengok kanan kiri. Apakah ada bukit di dekat situ. Ingat-ingat letaknya dan ukur berapa jauh jaraknya.

Saat gempa terjadi, segera hentikan aktivitas
Ketika gempa terjadi dan ada di pantai, segera hentikan aktivitas liburan. Ingat mungkin aman dari bangunan rubuh karena sedang ada di luar ruangan di tepi pantai. Tapi ada ancaman tsunami yang mesti diwaspadai.

Segera cek twitter BMKG dan berita online
Segera cek twitter BMKG dan berita online, setelah gempa terjadi. Berapa besar gempa, dimana lokasinya dan wajib cek apakah ada potensi tsunami. Kalau ada potensi tsunami, siap-siap evakuasi diri.

Segera menjauh dari pantai, menuju jalur evakuasi
Jangan tunda sedikit pun. Begitu ada pengumuman potensi tsunami, segeralah menjauh dari pantai dan menuju jalur evakuasi. Ingat jalur evakuasi yang tadi sudah kamu tandai, segera menuju ke sana.

Jangan panik dan tetap fokus
Panik tidak akan membantu kamu sama sekali. Tetap tenang dan tetap fokus. Pikirkan ini: anggota keluarga sudah lengkap belum, jalur evakuasinya ke arah mana.

Baca Juga: Tips Agar Cepat Sembuh, Lakukan Ini Saat Flu Menyerang

Pantau update informasi pihak berwenang, abaikan desas-desus
Setelah kamu berhasil evakuasi, pantau selalu lewat media sosial, berita online, radio atau petugas berseragam seperti polisi, tentara, petugas dishub dll untuk kondisi terkini pasca gempa. Jangan percaya desas-desus di sekitar lokasi kejadian. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Lahir di Jakarta dan saat ini sedang bekerja di salah satu media informasi dan tips yaitu MauTips.com sebagai copywriter atau penulis artikel. Sering menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Leave A Reply